Kacer

KICAUBURUNGKacer (Magpie Robin), dari genus Copsychus, adalah dari keluarga burung pengicau atau burung kicau, yang sangat digemari para penggemar burung hampir di seluruh kawasan Asia, mulai dari India, China, dan seluruh kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Burung Kacer memiliki kemampuan berkicau yang sangat luar biasa, sehingga dengan kemampuannya tersebut, burung Kacer menjadi incaran para penggemar burung. Akibatnya populasi burung Kacer di alam pun semakin menurun, sehingga dikuatirkan suatu saat burung ini akan punah, seperti beberapa species burung lain yang telah punah.

Kacer sendiri memiliki kerabat lain dalam genus Copsychus, seperti Copsychus malabaricus yang lebih dikenal dengan sebutan Murai Batu, juga masih berkerabat dengan jenis Punglor. Burung Kacer yang berada dalam genus Copsychus memiliki 3 species, yaitu:
  • Copsychus saularis
  • Copsychus sechellarum
  • Copsychus albospecularis

Ciri-ciri dan Penyebaran :

1. Copsychus saularis, (Oriental Magpie Robin)
Terdiri dari 9 subspecies, yaitu :
1.1. saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia)
1.2. andamanensis, (Kep. Andaman)
1.3. musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand)
1.4. prosthopellus, (Hainan-China)
1.5. erimelas (India ke Indochina),
1.6. pluto (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
1.7. ceylonensis (India, Srilanka),
1.8. adamsi (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
1.9. mindanensis (Mindanao-Philippines)


Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Kacer Hitam Putih, Kacer Sumatera dan Kacer Poci.
Mempunyai warna hitam pada kepala, leher sebatas dada, punggung dan bagian luar ekor. Sedangkan warna putih berada pada dada, perut dan ekor bagian dalam.
Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Philippines, Malaysia dan Indonesia.
Memiliki suara yang keras, nyaring dan pintar menirukan suara2 di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil membuka ekor serta mengeluarkan suara kicauan yang merdu.
Sangat menyukai udara panas.


2. Copsychus sechellarum, (Seychelles Magpie Robin)
Penyebaran di Seychelles (Afrika), Jawa Timur dan Kalimantan (Indonesia). Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Kemampuan berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara yang ada di sekelilingnya. Penampilan burung dari species Copsychus sechellarum ini sangat atraktif, karena pada saat berkicau burung ini sambil memainkan ekor, sehingga terlihat sangat menarik dan indah. Hanya saja burung Kacer dari jenis ini biasanya memiliki volume tidak sekeras kedua sepupunya. Burung ini juga sangat suka dengan udara panas, sehingga tahan berjemur di bawah sinar matahari berlama-lama.


3. Copsychus albospecularis, (Madagascar Magpie Robin)
.Terdiri dari 3 subspecies :
 3.1. pica
 3.2. albospecularis
 3.3. inexpectatus
Seluruh subspecies Copsychus albospecularis ini tersebar di wilayah Madagascar Afrika.


Bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicaunya tidak kalah dari kedua sepupunya C. saularis dan C. sechellarum.
.
Selain dari ketiga species di atas, ada satu jenis kacer lagi yang beredar di kalangan pedagang dan pemilik burung kacer, yaitu Kacer Blorok. Jenis ini menurut anggapan kebanyakan orang maupun peneliti adalah merupakan hasil perkawinan silang yang terjadi di alam, antara Kacer Hitam Putih (C. saularis) dengan Kacer Hitam (C. sechellarum).

Membahas Komplit tentang BURUNG KACER       

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel