Cara Menghilangkan Suara Burung Setan Pada Murai Batu

Cara menghilangkan Suara Burung Setan
Suara Burung Setan, istilah para kicau mania yaitu suara burung yang paling tidak di sukai jika suara tersebut ada pada burung kesayangan anda seperti suara kodok, suara burung perkutut atau suara ayam, terlebih lagi jika keluar suara yang bunyinya, tit...tit...tit....tit...titititititit, hal ini yang paling mengesalkan apalagi burung kesayangan anda adalah burung-burung kelas yang dilombakan seperti burung murai batu dan yang lainnya.

Cara menghilangkan hal tersebut di atas adalah salah satunya, anda siapkan air dingin, di semprotan air yang biasa kita gunakan untuk memandikan burung, singkat kata, selalu siapkan air dingin di dalam sprayer, apakah itu dari almari es atau kita buat seketika dengan mencampur air dengan es, tidak begitu penting.

Caranya yaitu, ketika Anda mendengar murai batu Anda mengeluarkan suara setan atau suara yang tidak anda sukai berulang-ulang, segera hampiri semprotan air di dalam almari es.

Begitu dia mengambil jeda suara atau ketika masih bersuara setan, semprotkan air dingin ke arah dia, biasanya, hanya dengan sekali semprot dia akan terkejut dan segera berhenti berbunyi. Oke, tunggu kembali, begitu dia mengeluarkan suara setan lagi, ya hampiri lagi dan semprot lagi untuk membuat dia kaget dan merasa tidak nyaman, dan Ulangi lagi dan ulangi lagi jika suatu ketika murai batu anda bersuara setan lagi.

Terapi ini memang akan menyita waktu anda barang sekitar 3-4 hari jika dilakukan secara rutin atau bisa juga sampai beberapa minggu jika dilakukan secara tidak konsisten karena kesibukan anda atau alasan lainnya. 

Dasar pemikiran dari terapi ini adalah kita “menghukum” burung atas perilaku tertentu mereka, dengan “hukuman semprot air dingin” yang mengejutkan dan membuat burung tidak nyaman, si burung akan belajar bahwa “jika aku melakukan ini, akibatnya begini”. 

Nah, kalau Anda rajin mengawal “proses belajar” ini, maka murai batu Anda akan cepat belajar dan karenanya dia akan dengan terpaksa melupakan suara setannya dan tidak akan pernah menyuarakannya lagi.

Mungkin bisa juga anda aplikasikan cara ini untuk burung-burung ocehan anda jika terjadi masalah suara yang tidak anda kehendaki, seperti burung anis, kacer dan cucak ijo serta burung lainnya, oke Selamat mencoba.

Sumber diambil dari omkicau


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel