Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar


Dalam memelihara merpati kita perlu melakukan beberapa perawatan khusus. Tujuannya agar merpati kita bisa maksimal dalam permainan (merpati balap atau merpati tinggi) salah satu diantara perawatan bagi merpati adalah cabut bulu ekor merpati. Cabut ekor merpati piyik atau dewasa harus rutin dilakukan apalagi bagi merpati player yang harus siap bulunya saat beradu. 

Tujuannya adalah untuk membuat bulu ekor tumbuh dengan rapihsehingga bisa mengeluarkan kemampuan paling tingginyasaat sedang balapan. Selain itu pada merpati piyik cabut bulu ekor bisa melatih fisik merpati saat terbang. Karena ekor burung berganti satu per satu setiap bulan, ga lucu kan kalo burung merpati lomba ekornya bolong hehe, bisa-bisa kurang keluar tenaganya, terutama akselerasi burung.



Cara mencabut ekor merpati tidak sulit kok asal kita tega dan waktunya tepat maka bulu juga akan mudah lepas. 

Nah berikut cara mencabut ekor merpati yang benar


Cabut ekor merpati

  1. Sebelum cabut ekor merpati sebaiknya lihat dulu waktunya. Bagi merpati piyik cabut bulu ekor adalah sekitar lar 7-4 (tergantung kondisi burung) kalo saya pribadi biasanya dilakukan saat lar 6-5 saat bulu sudah ambrol (mabung), setelah mabung selesai bulu juga rapih dan sudah siap di jodohkan. Pada merpati player cabut bulu ekor biasanya sekitar lar 6-4, seringnya lar 5 saat burung merpati mabung dan istirahat.
  2. Cara mencabutnya mudah. Pegang merpati lalu cabut satu persatu bulu ekornya dengan kuat dan cepat agar merpati tidak merasa kesakitan. Lanjutkan sampai semua bulu rontok kurang lebih 12 bulu.
  3. Setelah itu bisa di basuh, bebas kok tergantung kebutuhan.

Bulu ekor akan tumbuh kembali sekitar 3-4 minggu, pertumbuhan bulu bermacam-macam untuk setiap burung. Agar mempercepat tumbuhnya bulu setelah cabut bulu ekor merpati bisa dengan memberikan Super Kicau  atau Master-SP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel