Cara atasi Serangan Tikus pada Burung Kicau



Salah satu predator yang membuat banyak orang ngeri baik peternak burung, peternak unggas, petani dan yang lainnya adalah hama tikus, tidak hanya merusak pertanian, hewan pengerat itu juga sangat ganas jika mendapati hewan berdaging seperti unggas bahkan burung kicau.



Bagi penghobi burung tentu hal ini merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi momongan kesayangan, sudah capek-capek merawat , gacor, bahkan jadi juara, eh gak tahunya pada suatu malam tiba-tiba tinggal bulu-bulu berserakan, pasti itu bikin naik darah, kesal, menyesal dan tentunya bikin trauma.

Kalau masalah kemalingan sich sudah ada tipsnya yaitu : Burung Kicau Takut Kemalingan ?, Lakukan Cara Ini ! , nah sekarang caranya mengatasi serangan tikus sebenarnya mudah saja, yang penting anda harus ekstra menjaga burung kesayangan , kemudian tinggal mengakali sangkarnya seperti cara dibawah ini :
  1. Tempatkan / gantang sangkar ditempat yang aman (sekiranya tikus atau predator lainnya kesulitan untuk merambatinya)
  2. Perhatikan kualitas sangkar , diutamakan agar anda membeli sangkar yang terbuat dari besi, selain untuk mempersulit tikus mengeratnya, sangkar besi juga akan melindungi burung dari terkaman tikus.( keburu ketahuan pemiliknya )
  3. Pelihara juga kucing jinak yang jago duel sama tikus ( pengalaman pribadi ,tikus-tikus dirumah saya sudah banyak yang dibantai sama kucing kesayangan ) namun kucing juga predator dan anda wajib memberinya pelajaran agar dia tidak ikut-ikutan menerkam burung.
  4. Pelihara burung hantu didekatnya ( dimana burung hantu makanan nya tikus, jadi biar tikusnya yang dimakan)
  5. Sediakan papan triplek sesuai kebutuhan, kemudian pasanglah diatas tempat gantangan sangkar, sehingga nanti jika tikus mendekat, dia akan jatuh kebawah kepeleset papan triplek tadi, contohnya seperti gambar dibawah ini. (tips ini salah satu cara dari anggota grup burung di fb)



Selamat Mencoba dan Semoga bisa Membantu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel