Cara Memasang Ring Merpati


Memasang ring merpati sebenarnya tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu memperhatikan besarnya kaki serta umur merpati. Ring berfungsi untuk penanda merpati ternakan kita, menandakan keturunan pada merpati itu, menandakan kapan merpati itu lahir. Apalagi ternakan merpati yang sudah menghasilkan ratusan bahkan ribuan burung, tentu penandaan ring ini penting sekali agar kita tahu persis identitas pada merpati kita.


Kapan Memasang Ring Merpati ?


Ring merpati di pasang saat merpati masih piyik, sekitar umur 4-7 hari, tetapi yang ideal adalah sekitar 4-7 hari. Lamanya hari ini tidak mutlak tetapi suatu kebiasaan atau lumrahnya umur segitu, yang perlu diperhatikan adalah besarnya kaki pada piyik merpati, berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman umur yang ideal dalam pemasangan ring adalah sekitar 4-7 hari. Jika dipasang sebelum 4 hari ring rawan lepas jadi harus di cek setiap harinya, jika dipasang di umur 10 hari ring tidak muat di kaki merpati.

Cara Memasang Ring Merpati

Untuk memasang ring merpati kita lakukan langkah-langkah berikut
1. Siapkan ring dan merpati yang akan di pasangkan ringnya, dengan usia diatas sudah dibahas. Selanjutnya pegang merpati agar posisi menjadi nyaman.

2. Ambil ring yang sudah disiapkan, lalu tarik kaki merpati yang akan dipasang ringnya, biasanya disebelah kanan jika satu ring.

3. Bersihkan kaki merpati dari kotoran, lalu masukkan di ke 3 jari merpati seperti di gambar. Jika kesulitan memasukkan ringnya bisa dengan mengoleskan minyak sayur atau lotion di kaki merpati terlebih dahulu

4. Gerak-gerakkan sampai ring masuk di kaki merpati, gerakkan secara perlahan agar merpati merasa nyaman.

5. Ini adalah langkah tersulit dalam memasang ring pada merpati, lakukan secara hati-hati. Setelah ring masuk sampai keujung jari terakhir ambil bulu merpati atau lidi untuk mencongkel jari kaki yang mengganjal, lihat gambar untuk mudahnya. Lakukan secara perlahan agar tidak menciderai merpati.

6. Setelah itu ring bisa masuk dengan sempurna, gerak-gerakkan jari kaki merpati untuk melemaskan kakinya.

Nah cara diatas adalah cara memasang ring merpati secara umum. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat semuanya.

Model Ring Merpati

Ada beberapa jenis ring yang biasa digunakan dalam measang ring merpati.

Ring Donat


Ring Baja
Ring Merpati Laser
Ring Merpati Model Roda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel