Cara Membedakan Piyik Merpati Jantan atau Betina


Bagi para penggemar pemula cukup sullit. Karena membedakan merpati jantan dan betina bagi yang belum terbiasa memerlukan beberapa trik atau cara dalam membedakannya. Tetapi jangan khawatir disini saya sudah memberikan beberapa ciri dalam membedakan merpati jantan dan betina jadi bisa menjadi patokan untuk membedakannya. Trik ini bisa digunakan untuk merpati yang masih piyik atau merpati dewasa.


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :


Bagian Leher

Cek bagian leher, bagian leher pada merpati jantan dan betina berbeda. Merpati jantan memiliki leher yang lebih lebar dari betina. Dan rata-rata merpati jantan mempunyai warna yang lebih mencolok dan lebih indah.
Merpati Betina
Merpati Jantan
Sekilas terlihat sama tetapi jika diperhatikan lagi bagian tengah merpati betina menipis sedangkan merpati jantan melebar. Untuk yang dewasa tentu mudah yah, coba perhatikan untuk yang masih piyik. Belakang betina depan jantan.

Bagian Anus

Bagian anus merpati, bisa juga jadi patokan dalam membedakan merpati jandan atau betina. Betina biasanya mempunyai anus yang sangat lembut karena untuk tempat bertelur maka anus betina lebih elastis. sedangkan yang jantan lebih tebal dan agak kasar.

Prilaku

Biasanya klo sudah bisa terbang dan makan sendiri Jantan lebih galak dari yang betina. Tapi sering juga betina lebih galak dari jantan faktor ini hanya 50% dari perkiraan.

Ukuran

Peratikan ukuran telur saat merati mengeram. Biasanya ukuran merpati yang akan keluar jantan lebih besar dan agak lancip. Sedangkan betina aga kecil dan bulat. Ukuran badan merpati jantan setelah menetas biasanya lebih besar dari pada merpati betina.
Nah diatas adalah beberapa kriteria untuk membedakan merpati jantan atau betina. Tetapi kriteria diatas tidak benar 100%. Karena merpati adalah makhluk hidup mereka mempunyai ciri-ciri dan bntuk fisik yang berbeda-beda. Seperti halnya manusia, ada yang bongsor ada juga yang kuntet. Tapi cara diatas adalah patokan dasar yang kemungkinan benarnya mendekati, jadi bagi yang bingung membedakan mana merpati jantan mana merpati betina bisa melihat beberapa kriteria diatas.
Untuk yang advance dan sudah biasa dengan merpati biasanya sudah bisa membedakannya hanya dengan melihat mukanya saja. Yah merpati jantan mukanya lebih garang dari betina dan lebih gagah terlihatnya. Sedangkan merpati betina terlihat lebih manis dan lucu hehehe. Nah selamat membedakam merpati jandan dan betina.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel