Cara Menjodohkan Merpati


Bagi para pemain merpati tentu ini adalah tahap awal yang sangat menentukan permainan merpati, karena merpati yang bisa dimainkan harus berjodoh terlebih dahulu, kalo ga jodoh ga bisa di geber hehehe. Nah ada sedikit tips dan trik nih bagaimana cara menjodohkan merpati bagi pemula, mudah-mudahan ini menjadi awal yang bagus untuk merpatinya. Sejatinya merpati akan berjodoh sendiri jika keadaan dibawah ini terpenuhi :

Jika syarat diatas itu sudah dilakukan secara alami merpati akan jodoh dengan sendirinya. Tidak hanya merpati semua binatang-pun demikian. Tetapi biasanya jika siklus normal maka merpati akan memerlukan waktu yang relatif lebih lama karena merpati perlu beradaptasi dahulu dengan lingkungan dan betinanya. Tetapi kita juga bisa membuat merpati jodoh lebih cepat dengan melakukan cara berikut, diantaranya :


Persiapan Penjodohan Merpati

  • Pisahkan terlebih dahulu merpati yang akan dijodohkan dengan merpati betina kurang lebih 3 hari, beri makan yang cukup, lebih baik jika setiap pagi dijemur. Pemisahan merpati berfungsi supaya merpati kesepian dan birahinya keluar, semakin lama maka semakin baik tapi jangan kelamaan juga ya kasian :D. Menjemur merpati baik agar merangsang hormon-hormon yang dibutuhkan merpati. Merpati boleh di umbar atau dikurung, jika di kurung berikan kandang yang tidak terlalu kecil.
  • Siapkan betina yang lenjeh, lenjeh artinya mau dikawinkan. Jika merpati jantan bekur merpati betina akan mengangguk-angguk dan siap dalam posisi kawin. Agar merpati betina lenjeh pisahkan dengan merpati lainnya minimal 3 hari beri makan yang cukup. Tetapi jika sudah birahi merpati betina akan lenjeh dengan sendirinya
  • Umur merpati yang sudah bisa dijodohkan rata-rata 3 sampai 4 bulanan betina mauun jantan, dan jika jantan maka sering terlihat sering menggoda (bekurin) merpati lainnya, atau jika diberi betina didepannya dia akan bekur. Merpati betina siap kawin ditandai dengan mengangguk-angguk jika dibekurin merpati jantan. Jangan menjodohkan merpati yang belum siap kawin karena merpati yang belum siap jodoh nanti susah dan lama 😛

Tahap Penjodohan Merpati

merpati-kawin

Siapkan kandang yang cukup luas sekiranya agar merpati bisa kawin, kira-kira seukuran kandang ayam jago saya rekomendasikan. Siapkan Air, Ember, Shampo jika perlu yah. Nah ini cara menjodohkan merpati :
  1. Mandikan merpati saat ada panas matahari, dan satukan di kandang yang cukup besar sambil dijemur. Beri jagung sedikit saja.
  2. Biarkan sampai beberapa jam 3-4 jam. Jika sudah siap jodoh merpati akan langsung kawin, jika belum biasanya masih malu-malu biarkan saja. Jika sudah kawin itu tandanya merpati sudah jodoh.
  3. Masukkan merpati kedalam kandang secara bersamaan. Biarkan mereka berdua didalam kandang. Jika merpati masih galak boleh dipisah lagi boleh juga dibiarkan. Jika merpati tidur didalam kandang yang sama biasanya beberapa hari sudah jodoh.
  4. Jika perlu malam keluarkan di kandang besar agar kawin, jika tidak pun tak masalah.
  5. Ulangi tahap diatas selama 3 hari.
  6. Tanda merpati jodoh adalah dia sudah mau kawin, meloloh (ciuman), dan bercumbu. Biasanya 3-4 hari sudah jodoh. Tetapi ada juga yang cepat 1 hari atau bahkan cuman membutuhkan waktu setengah hari saja untuk jodoh.
  7. Biasanya setelah jodoh, kawin, punya tempat tinggal, makanan yang cukup merpati akan segera giring atau keket istilahnya.
Selamat menjodohkan merpatinya yah hehe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel