Manfaat Mengkrodong Burung


Menutup sangkar burung atau biasa disebut dengan mengkerodong ternyata bukan hanya berfungsi untuk pemanis sangkar ataupun untuk menahan angin.

Masih ada banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan, baik untuk burung yang akan ikut lomba ataupun untuk burung rumahan.
  1. Mencegah resiko masuknya serangga ataupun nyamuk yang bisa menggigit burung yang bisa mengakibatkan radang pembengkakan bahkan kematian.
  2. Burung bisa beristirahat dengan lebih tenang di malam hari karena burung merasa lebih nyaman.
  3. Kerodong burung bisa melindungi burung dari tiupan angin kencang.
  4. Burung merasa lebih nyaman dalam suatu perjalanan jika dibawa ke tempat lain.
  5. Burung yang mabung atau ngurak menjadi lebih nyaman dan hangat. Selain itu bisa menghindari kemungkinan bulu-bulu rontok yang beterbangan.
  6. Bisa mencegah burung mengalami kalah mental karena burung tidak bisa berhadapan dengan burung lain yang masih sejenis.
  7. Kerodong burung bisa menjadi hiasan yang indah jika digantungkan di depan rumah terutama jika memiliki bahan dan corak yang indah.

Tips menggunakan kerodong :
  1. Supaya burung tidak mudah terluka saat burung ngelabak dan paruh tidak melewati jeruji maka anda bisa  menggunakan kerodong pas tepat menempel di dinding sangkar.
  2. Jika burung baru saja diturunkan dari jemuran maka sebaiknya anda tidak langsung mengkerodongnya, melainkan angin-anginkan terlebih dahulu di tempat yang sejuk.
  3. Sebaiknya gunakan kerodong yang berwarna netral. Pada malam hari anda bisa menggunakan kerodong yang berwarna gelap sedangkan untuk siang hari menggunakan kerodong yang berwarna terang. Jika anda menggunakan kerodong yang berwarna gelap hal ini bisa membuat sangkar menjadi hangat karena kerodong ini bisa menyerap panas. Sedangkan kerodong yang berwarna terang bisa memantulkan sinar matahari sehingga suhu di dalam sangkar cenderung menjadi lebih dingin.
  4. Anda bisa menggunakan kerodong yang berwarna gelap untuk burung yang giras atau burung muda hutan. Setelah itu secara bertahap anda bisa menggunakan kerodong transparan supaya burung bisa menjadi lebih jinak. Kerodong yang agak tembus cahaya akan membuat burung menjadi lebih terbiasa untuk dikerodong tapi tidak grabak-grubuk.
  5. Untuk sementara waktu usahakan untuk tidak langsung mengerodong burung di tempat yang gelap, namun secara bertahap setelah burung sudah bisa beradaptasi dan tidak grabak-grubuk lagi, baru setelah itu anda bisa mengerodongnya di tempat yang agak gelap.

Tips Memilih Kerodong Burung

Setiap kerodong harus bisa memenuhi beberapa persyaratan dan tidak semua kerodong layak digunakan untuk mengerodong burung.

Supaya burung bisa menjadi lebih tenang dan merasa terlindung serta tetap bisa menikmati sirkulasi udara dengan baik maka anda harus bisa memilih kerodong burung yang tepat.
  1. Kerodong yang baik adalah yang terbuat dari bahan yang tipis dan bukan yang terbuat dari kain berserat rapat sehingga sinar dari luar masih bisa masuk kedalam dan burung juga masih bisa melihat makan dan minumannya serta situasi di luar sangkar dengan baik.
  2. Kerodong  yang terbuat dari bahan yang tebal hanya akan membuat ruangan di dalam sangkar menjadi gelap, sehingga burung akan lebih sering untuk istirahat dan malas makan karena tidak bisa melihat apa-apa di sekelilingnya. Jika dibiarkan dalam jangka panjang hal ini bisa membuat burung menjadi malas berbunyi dan kondisi kesehatan burung akan menurun.
  3. Warna kerodong juga berpengaruh pada burung, pilih warna yang tidak terlalu menyolok atau gelap. Warna yang selama ini disenangi burung adalah yang soft, seperti hijau muda, kuning muda, biru muda atau warna lain yang yang tidak terlalu kontras.
  4. Pilih kerodong yang pas buat kandang burung, yang bahannya tidak berkibar atau berumbai untuk mencegah tersangkutnya rumbai di tempat pakan atau minuman, juga mencegah rumbai tersebut menyangkut di pintu kandang yang memungkinkan burung lepas.
  5. Jika musim panas gunakan kerodong dengan bahan yang tipis dan untuk musim hujan pilih yang agak berbahan tebal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel