Merpati Mabung dan Istirahat


Moulting atau dikenal dengan istilah Mabung adalah proses ganti bulu pada burung, Untuk vitalitas dan kesuburan, mabung yang baik sangat penting untuk merpati lomba. Proses mabung adalah masalah rumit secara detail rincian prosesnya belum semua diketahui atau diteliti. 

Yang kita tahu, adalah faktor-faktor berikut memainkan peran penting dalam proses mabung :

1. Jaringan dimana bulu tumbuh
2. Hormon
3. Lingkungan



Mabung dan Istirahat

Merpati mabung biasanya dari posisi lar 8-4 pada piyik. Pada merpati dewasa biasanya dari lar 6-4, tapi seringnya pada lar 5. Makanya jika merpati dalam posisi lar 5 merpati akan diistirahatkan bagi player dan indukan. Karena dalam posisi lar 5 merpati cenderung lemas tenaga merpati akan terkuras untuk proses mabungnya. Merpati indukan tidak akan ditetaskan telurnya karena di posisi ini ‘kesuburan’ merpati berkurang sehingga anakan yang dihasilkan kurang baik. Waktu mabung biasanya sekitar satu bulanan.

Saat merpati diistirahatkan bisa dengan dibiarkan mengeram kurang lebih 20 hari, lalu di pisah dengan perempuannya sampai selesai mabung. Atau bisa di biarkan tanpa pasangan, bisa juga dengan membiarkan merpati meloloh, satu anak saja cukup. Solusinya terapi pakai Super Ngurak atau Super Terapi

Faktor-faktor ini mempengaruhi proses mabung pada merpati akan dibahas satu per satu disini, simak yah.

1. Jaringan dimana bulu tumbuh
Mabung dan folikel
Folikel adalah rongga di kulit dimana bulu tumbuh. Hanya folikel yang sehat menghasilkan bulu sehat dan normal. Kita tahu dari sejumlah penyakit yang mempengaruhi folikel yang menyebabkan mabung abnormal atau pertumbuhan bulu yang abnormal. Contoh penyakitnya misal skinmould dan quillmite, Kelainan herediter juga bisa menjadi penyebabnya.
Skinmould
Skinmould adalah penyakit kulit yang biasa juga terjadi di mata. Dimana burung menderita gatal-gatal dan terus menggaruk diri sendiri. Dimana kulit akan rusak akibat menggaruk berlebihan, dan folikel yang terinfeksi tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ini biasanya sembuh dengan mencuci burung yang terinfeksi dengan cairan khusus (imaverol).
Quillmite
Quillmites adalah parasit yang ditemukan dalam duri bulu. Burung yang terinfeksi Quillmite biasanya bulu rusak berantakan, sering dengan banyak duri bulu kosong dan berdarah.
Quillmites biasanya mudah terdeteksi oleh penelitian mikroskopis pada bulu yang abnormal. Pengobatan yang paling praktis adalah satu dengan Ivomec pembasmi kutu.
Hereditary abnormalities
Kelainan herediter paling umum adalah polyfolliculitis. Dengan kelainan ini, dinemukan lebih dari satu bulu dalam satu folikel. Akibatnya, mabung tidak dapat menjalankan prograberjalan normal.

Sayangnya, kita tidak tahu terapi sukses untuk hal ini, hanya operasi bedah yang mungkin dapat dapat dilakukan.
2. Hormon
Mabung dan hormon reproductional
Mabung dengan reproduksi sangat berhubungan. Seekor burung betina mabung tidak akan pernah mampu menghasilkan telur yang baik, ketika mabung dimulai, ovarium menjadi tidak aktif. Seekor burung jantan mabung tidak mampu membuahi betina untuk alasan yang sama. Ketika awal mabung bisa ditekan dengan memberikan hormon seks. Di sisi lain, mabung dapat diaktifkan dengan memberikan progesteron. Hormon ini menekan aktivitas ovarium dan testis baik.

Hormon seks memang memainkan peran penting dalam menciptakan mantel bulu. Perubahan mantel, tergantung pada usia, jenis kelamin atau musim. Ambil, misalnya, burung jantan, membawa mantel bulu musiman. Burung muda, hormon belum memainkan peranan penting. Yang berperan adalah kelenjar tiroid.

Burung betina dengan ovarium disfungsional (yang tidak menghasilkan hormon lagi) akan menunjukkan, dengan yang pertama mabung berikutnya, mantel bulu cenderung ke arah mantel burung jantan.
Mabung dan hormon kelenjar tiroid
Hormon dari kelenjar tiroid yang diperlukan untuk pertumbuhan bulu. Burung, tidak terlihat baik setelah mabung atau menunjukkan bulu terbelakang di kepala (disebut kepala botak) dipengaruhi oleh hormon dari kelenjar tiroid. Dalam kasus burung memiliki terlalu banyak hormon kelenjar tiroid, bagian bawah bulu akan over perkembangannya, pigmentasi eumelanine akan ditingkatkan. Dalam hal burung memiliki hormon terlalu sedikit kelenjar tiroid, misalnya disebabkan oleh kelenjar yang disfungsional, bagian bawah bulu akan terbelakang. Web bulu mungkin terlalu sempit dan bagian dari jenggot mungkin tidak ada. Jenggot ini ada untuk memastikan web bulu membentuk satu bagian (semua rambut longgar melekat bersama-sama). Ketika jenggot tidak ada, bulu terlihat lembut dan kehilangan sifat anti air nya.
Mabung dan hormon stres
Mabung dan stres tidak bisa berjalan bersamaan. Saat burung sangat stres, kelenjar adrenal akan menghasilkan hormon stres dan mabung akan diblokir. Dalam kasus hormon stres diterapkan (kortikosteroid, seperti prednison atau kortisol, bahan dalam banyak obat) mabung akan ditunda untuk jangka waktu lama.
3. Lingkungan (Environment)
Mabung dan lamanya waktu siang hari (daylight) Lamanya siang hari berpengaruh untuk proses mabung. Indonesia berada di garis katulistiwa mungkin tidak ada perubahan mencolok dalam hal lamanya waktu siang ( jam 6 pagi sampai jam 6 sore) mabung mulai saat hari menjadi lebih pendek (daylight pendek) maka ada istilah Darkening sytem dimana dilakukan penggelapan kandang beberapa jam sebelum malam hari, burung-burung akan mulai mabung dalam beberapa minggu. Semakin awal gelap dengan kata lain, semakin besar perbedaan antara panjang awal siang hari dan malam akan memaksa mabung berlangsung.
Metode ini, bagaimanapun, adalah lebih efektif di musim gugur daripada di musim semi. Jadi, walau burung digelapkan tetap lebih besar pengaruh oleh alam!

Mabung dan nutrisi

Harus jelas bahwa gizi seimbang kontribusi untuk mantel bulu yang bagus. Terutama vitamin A penting pada awal proses mabung. Ketika menderita kekurangan vit. A, burung tidak rontok sempurna tapi hanya sebagian saja. Selain itu protein dan asam amino esensial yang cukup sangat diperlukan untuk tumbuhnya bulu. Solusinya memakai terapi Super Ngurak atau Super Terapi
Ada obat obat tertentu yang dilarang penggunaannya karena menyebabkan rusaknya proses mabung, contohnya obat cacing dilarang diberikan pada anak burung yang masih pertumbuhan, burung mabung, dan indukan yang sedang meloloh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel