Perawatan Kenari Pada Musim Hujan


Musim hujan adalah musim dimana rawan penyakit dan penyebaran bakteri, keadaan menjadi lembab merupakan tempat favorit bakteri jahat untuk berkembang , dan pada saat itu pula kondisi tubuh menjadi rentan akan penyakit, kalau gak kuat-kuat daya tahan tubuhnya , maka yang terjadi adalah ikut terserang virus.



Dalam hal ini berlaku juga bagi burung, ketika hujan kondisi berubah menjadi status siaga bagi peternak atau kicau mania, jadi harus siapkan cara biar burung tidak menjadi sasaran penyakit , apalagi menular.




Pada artikel sebelumnya sudah saya tuliskan tentang yaitu Tips Agar Burung Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan, namun yang sekarang lebih pada pengamanan burung kenari, buat Kenari mania tips ini sangat penting untuk menjaga agar burung kenari kesayangan tidak jatuh sakit , bahkan sampai mati.



Perawatan Tepat Burung Kenari Saat Musim Hujan :

1. Pemberian Pakan
Pada saat hujan, biji-bijian yang biasanya menjadi pakan utama kenari kurang dapat memebuhi kebutuhannya, apalagi disaat cuaca dingin, dan kalori sangat dibutuhkan , untuk itu disini ada beberapa macam pakan yang bisa diberikan kepada kenari sebagai variasi makannya saat musim hujan :

  • Oatmeal. : Saat memberikan oatmeal sebaiknya anda pisahkan dengan wadah yang lain, dan cocoknya diberikan pada saat siang harinya, karena oatmeal ini adalah olahan dari bahan gandum sehingga bisa menghangatkan tubuh kenari disaat hawa dingin.
  • Roti tawar : Untuk pakan yang ini pasti anda tidak asing lagi, karena makanan yang satu ini juga sering dikonsumsi manusia, penyajiannya cukup mudah, anda tinggal menggantungnya didalam sangkar
  • Biji matahari / kwaci hitam. Nah, kalau yang ini bukan biji biasa, dan kenari pasti sangat suka makan biji-bijian dari bunga matahari ini, ( kwaci )
  • Kacang-kacangan.
  • Suplemen Vitamin seperti Cimbio atau Pattani

2. Menggantang kenari dalam ruangan yang hangat dan Full Krodong

Untuk menghindari burung kenari kena terpaan hawa dingin, sebaiknya anda pindahkan ketempat yang lebih hangat, namun pastikan tempat itu aman dan tidak ada ancaman , bisa diruang belakang, ataupun bagian dalam rumah yang masih lowong.


3. Pakailah Lampu Penghangat
Jika sinar matahari yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang, maka sebaiknya anda gunakan lampu penghangat untuk menjaga kondisi kenari tetap hangat, karena rentan sekali kasus kenari mati disebabkan kedinginan.

4. Gunakan tangkringan Hangat
Untuk di Indonesia sendiri alat ini masih belum banyak, mungkin nanti di Indonesia akan dibuatkan tangkringan yang bisa menghangatkan tubuh burung.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel