Pola Pemberian Jamu pada Merpati


Dunia adokan merpati sedang ramai-ramainya sekarang. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa semua berduyun-duyun ke sawah untuk melatih merpatinya. Kualitas merpati di uji dalam setiap permainan. Dalam permainan merpati baik balap, tinggi, kolong, atau pos tentunya memerlukan stamina yang cukup dan kondisi tubuh burung yang fit agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal. Kondisi tubuh burung yang fit ini tentunya ditunjang dari pola perawatan dan pemberian jamu merpati.

Jamu merpati sejatinya tidak meningkatkan kecepatan burung, melainkan jamu merpati ini berfungsi sebagai pemulihan stamina merpati akibat kelelahan setelah dilatih (dimainkan) sehingga merpati dapat mengeluarkan kemampuan maksimalnya. Jamu juga membantu birahi merpati semakin bergairah agar semakin ngotot terbang ke betinanya.


Pola pemberian jamu merpati



Agar hasil maksimal dalam pemberian jamu merpati dan obat-obatan maka kita harus mengatur pola pemberiannya. Jangan sampai jamu yang kita berikan malah tidak berefek pada merpati saat dimainkan dan bahkan mengganggu kualitas giringan merpati kita. Berikut akan saya jelaskan pola pemberian jamu pada merpati. Pola ini saya kutip dari para senior di forum PPMBSI. Untuk yang awam baca terlebih dahulu siklus giring merpati agar paham. Pemberian jamu dan vitamin ini bebas tergantung pengaturan masing-masing, setiap team berbeda-beda perawatannya. Intinya berikan jamu saat sedang mengeram dan setelah latihan pada sore hari setelah makan. Untuk dosis sesuai takaran masing-masing. Baca : resep jamu merpati.

Jamu Merpati Saat Mengeram

Saat istirahat atau mengeram adalah kondisi terbaik bagi merpati untuk diberikan jamu. Karena saat mengeram ini merpati akan beristirahat dan memulihkan stamina setelah giring. 
Berikut polanya ( Senin – Minggu )
Senin : Bebas
Selasa : Diberi jamu pemulih stamina pakai Moncer 1.
Rabu : vitamin pakai Chang Vit.
Kamis : Diberi jamu penjaga kesehatan pakai Super Kicau.
Jumat : vitamin pakai Chang Vit.
Sabtu (cabut telur) : vitamin .
Minggu : Diberi jamu pemulih stamina pakai Moncer 1.
Saat sedang istirahat pemberian dilakukan sore hari setelah makan.


Jamu Merpati Saat Dilatih

Senin : vitamin pakai Chang Vit
Selasa : vitamin pakai Chang Vit
Rabu : vitamin pakai Chang Vit
Kamis : Jamu pemulih stamina atau penambah tenaga pakai Super Kicau atau Moncer 1.
Jum’at : Jamu pemulih stamina atau penambah tenaga pakai Super Kicau atau Moncer 1.
Sabtu : Jamu pemulih stamina atau penambah tenaga pakai Super Kicau atau Moncer 1.
Minggu : Jamu pemulih stamina atau penambah tenaga pakai Super Kicau atau Moncer 1.
Saat sedang dimainkan pemberian jamu merpati dilakukan sore hari setelah latihan dan makan.
Jamu untuk pemulih stamina bisa menggunakan produk yang banyak dijual dipasaran atau bisa dengan menggunakan produk untuk manusia yang mempunyai fungsi sebagai jamu penghilang lelah. Vitamin yang digunakan biasanya B komplek atau Chang Vit yang juga bisa didapatkan di pasaran. Jangan lupa pemberian grit (asinan) untuk merpati guna penyerapan nutrisi yang lebih optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel