Siklus Giring dan Bertelur Pada Burung Merpati


Giring, keket, ngeket atau istilah lainnya kita samakan dulu persepsi nya, yaitu proses dimana “merpati jantan mengejar-ngejar betina ketika akan bertelur” pada merpati ini adalah proses alamiah. Proses ini hampir dijumpai pada setiap jenis merpati, tetapi beberapa merpati ada perbedaan tingkat giringnya. Antara merpati hias, pos ataupun merpati yang biasa kita mainkan. 

Disini saya fokus pada merpati yang biasa kita mainkan, diantaranya merpati balap dan merpati tinggi. Untuk seseorang yang terbiasa bermain merpati tentunya sudah faham dengan siklus giringnya burung merpati karena dengan mengetahui siklus ini akan membuat kita bisa memaksimalkan kinerja merpati kita. Tetapi sering saya jumpai ada berberapa orang yang baru memulai bermain merpati kurang mengetahui akan siklus ini. Walhasil merpati ‘dipaksa’ untuk terus giring, sehingga itu akan merusak burung merpati kita. Solusinya ya terapi pakai Moncer 1

Oke disini saya akan memulai dengan siklus bertelur normal.



Siklus Normal


Siklus normal disini bukan untuk burung yang dimainkan, artinya ini untuk burung yang berkembang biak secara normal. Siklus normal ini diantaranya adalah :

1. Berjodoh – 2. Kawin – 3. Giring (hendak bertelur) – 4. Bertelur – 5. Mengeram – 6. Beranak – 2. Kawin…

1. Berjodoh
Setelah dewasa secara normal merpati akan mencari jodohnya sendiri dengan yang dia inginkan. Proses penjodohan merpati bisa berlangsung sekitar 1 – 3 hari atau lebih. Setelah dirasa cocok merpati akan mencari tempat (kandang) untuk mulai berkembang biak. Atau bisa kita tempatkan merpati di kandangnya. Menjodohkan merpati bisa dengan beberapa cara. Bisa dengan mengumbar merpati jantan dan betina dan biarkan mereka berjodoh sendiri. Yang kedua bisa dengan mengurung terlebih dahulu merpati dalam satu kandang.
2. Kawin
Setelah merpati berjodoh mereka akan memulai proses reproduksi yaitu kawin, proses kawin ini akan berlangsung sampai merpati betina bertelur.
3. Giring
Setelah kawin biasanya 2-3 hari merpati akan giring atau merpati jantan mengejar-ngejar merpati betina. Ini adalah salah satu keunikan burung merpati, siklus giring ini akan berlangsung berlangsung selama sekitar 4-5.
4. Bertelur
Merpati akan bertelur setelah 5 hari mereka giring atau 7-8 hari setelah kawin yang pertama atau cabut telur.
5. Mengeram
Setelah merpati bertelur maka burung merati akan mengeram sekitar 19-22 hari. Proses mengeramnyapun unik, merpati jantan dan merpati betina akan bergantian mengeram. Yang saya perhatikan merpati jantan akan mengeram pagi dan sore, merpati betina sepanjang siang dan malam.
6. Beranak
Setelah 19-22 hari bertelur merpati akan beranak atau telurnya menetas. Dalam siklus ini merpati akan memberi makan anaknya sampai besar sekitar 28 hari.
dan kembali lagi ke proses yang ke dua, bertelur lagi dan seperti itu. Ini adalah siklus merpati normal.

Siklus Merpati Mainan

Yang saya maksud disini merpati yang dimainkan yah, yang suka ikut lomba dan lainnya. Siklus ini adalah siklus yang dibuat-buat oleh manusia dengan berbagai tujuan. Siklus merpati ini adalah :

1. Berjodoh – 2. Kawin – 3. Giring (hendak bertelur) – 4. Bertelur – 5. Mengeram – 6. Cabut Telur – 2. Kawin…

Nah ada perbedaan disana yah. Tidak ada siklus beranak dalam merpati yang dimainkan. Ini bertujuan agar stamina merpati tetap vit dan tetap bisa dimainkan. Perbedaan merpati yang dimainkan dan yang normal adalah :
5. Mengeram
Pada merpati normal mengeram dilakukan selama 19-22 hari tetapi pada merpati yang dimainkan biasanya mengeram selama 7 hari ini bertujuan agar stamina kembali agar siap dimainkan.
6. Cabut telur
Cabut telur disini adalah mengambil telur merpati saat mengeram. Jadi setelah 7 hari merpati mengeram ambil telur merpati dan bersihkan sarang merpati lalu merpati akan mulai kawin, giring lagi dan siap untuk dimainkan. Dan terus berlangsung seperti itu dan biasanya setelah merpati yang dimainkan mempunyai umur maka baru akan mulai di anakkan dan dibiarkan meloloh.

Kesalahan yang sering terjadi


Kesalahan yang sering saya jumpai dari pemain merpati pemula dia akan memaksa merpati terus untuk giring dan tidak dibiarkan kawin agar bertelur. Maka dalam siklus giring biarkan merpati kawin dan wajibkan 1 hari 1 kali kawin agar merpati bertelur dengan tepat (4-5 hari dari masa giring atau 7-8 hari dari pertama kawin/cabut telur). Solusi nya terapi pakai Moncer 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel