Jenis Burung Tengkek Buto Yang Cocok Dijadikan Masteran

Jenis Burung Tengkek Buto - Burung Tengkek Buto yang memiliki nama lain Tiong lampu atau dengan nama latinnya Eurystomus Orientalis dan burung Tengkek Buto bisa disebut dollarbird yang berasal dari keluarga burung Roller dan Tengkek Buto bukanlah keluarga dari burung Alcedinidae,  burung Alcedinidae seperti Raja udang atau Pekakak  yang lebih dikenal Kingfisher.

Habitat pada burung tengkek butu ini di temukan sekitar tahun 1766 burung ini di temukan di pulau jawa dan penemunya yang bernama Linnaeus. Akan tetapi burung Tengkek Buto atau Burung Roller sekarang banyak di jumpai diberbagai negara seperti Afrika, Asia, Australia dan lain - lainnya.

 
Jenis Burung Tengkek Buto Yang Cocok Dijadikan Masteran
Jenis Burung Tengkek Buto Yang Cocok Dijadikan Masteran


Baca Juga: jenis Burung Lainnya



Postur burung Tengkek Buto sekitar 25cm, dan bulunya yang berwarna abu - abu agak kebiruan yang gelap, dan paruhnya tak seperti burung raja udang dan apa bila burung ini sudah dewasa warnnya akan merah. Kelebihan yang dimiliki Burung Tengkek Buto yaitu mempunyai mata tajam yang berfungsi untuk mencari mangsannya yaitu ikan - ikan kecil, serangga dang udang, Biasanya Burung Tengkek Buto bannyak kita jumpai di pinggiran sunngai dan di pesisir

Burung Tengkek Buto atau Burung Roller ini yang mempunyai suara yang khas yaitu tembakan kasar yang panjang hampir mirip dengan burung cililin,  oleh sebab itu burung Tengkek Buto sangat cocok untuk di jadikan masteran untuk burung cucak ijo, murai batu dan lainnya.



Berikut jenis-jenis burung dari keluarga Coracidae (burung Roller):

    Tengkek Buto / Tiong lampu biasa (Eurystomus Orientalis).

    Tiong lampu ungu (Eurystomus Azureus).

    Blue Throtted Roller (Eurystomus Gularis).

    Cinnamon Roller (Eurystomus Glaucurus).



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel