Kawin Cabut Cara Ampuh Untuk Mengatasi Lovebird Over Birahi (Ob)

Kondisi birahi yang hiperbola (over birahi) pada Lovebird , mempunyai sisi faktual dan sisi negatif.

• Sisi positifnya yaitu kalau Lovebird akan ditangkarkan tentunya mempercepat proses perkawinan pada Lovebird indukan.

• Sisi negatifnya yaitu kalau Lovebird akan dilombakan tentunya akan menurunkan performanya di arena lomba.

Maka dari itu, kita harus memahami sikap Lovebird momongan kita ketika sedang mengalami over birahi (OB), semoga sanggup segera menanganinya sebelum mengikuti lomba.

Ciri-ciri Lovebird over birahi (OB):

• Lovebird sering gesek tangkringan (gestang).
• Lovebird berperilaku lebih bergairah dan menjadi galak.
• Jika kondisi over birahi (OB) sudah parah, Lovebird bahkan sanggup hingga mencabuti bulu-bulunya sendiri hingga menjadi botak (kanibal).
• Lovebird menjadi malas bunyi atau bahkan sanggup hingga macet bunyi.
• Kalau kondisi over birahi (OB) di alami Lovebird yang ditangkarkan, Lovebird indukan tersebut sering mengacuhkan anaknya (tidak diloloh), bahkan ada yang hingga membuangnya.

Untuk penanganannya sendiri, sebaiknya kita sesuaikan dengan huruf dari masing-masing Lovebird itu sendiri. Karena setiap individu burung niscaya mempunyai huruf ataupun sifat yang tidak semuanya sama.

Birahi terjadi alasannya yakni dipengaruhi oleh perubahan hormon pada metabolisme badan Lovebird . Jadi, kondisi birahi memang terjadi alasannya yakni siklus alami yang terbentuk pada setiap individu mahluk hidup sebagai salah satu tahapan dari proses untuk berkembang biak.

Hanya saja, alasannya yakni perlakuan kita pada burung yang kurang sempurna menjadikan terganggunya proses alami tersebut. Dengan mengurung Lovebird sendirian tanpa pasangan akan menjadikan kondisi birahi terus menumpuk tanpa pernah tersalurkan, yang kesudahannya menjadikan terjadinya over birahi (OB)/birahi yang berlebihan.

Hal itu tentu saja akan menciptakan Lovebird merasa tersiksa dan frustasi, dan akan melaksanakan tindakan-tindakan yang tidak sewajarnya sebagai bentuk pelampiasan.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi Lovebird yang mengalami over birahi (OB):

• Mandi

Memandikan Lovebird selain bermanfaat untuk membersihan badan maupun bulu-bulunya, juga bermanfaat untuk mengatur tingkat birahinya.

Waktu yang sempurna untuk memandikan Lovebird yakni pada pagi hari sebelum Matahari terbit, atau sekitar jam 06.00 pagi dan sore hari sesudah Matahari terbenam sekitar jam 04.00-05.00 sore.

Untuk Lovebird yang mengalami over birahi (OB) sebaiknya durasi mandinya juga ditambah, kalau biasanya waktu mandinya hanya 15 menit, pada ketika over birahi (OB) ditambah menjadi 30 menit.

Mandi malam juga sanggup dilakukan, keuntungannya untuk menurunkan birahi Lovebird dan juga menciptakan Lovebird lebih latah atau cerewet. Waktu yang sempurna untuk memandikan Lovebird pada malam hari yaitu pada jam 10.00-12.00 malam.

Untuk cara memandikan Lovebird sendiri tergantung dari kebiasaannya semoga Lovebird merasa nyaman, sanggup dengan cara disemprot memakai sprayer atau biar mandi sendiri dicepuk mandi/keramba.

• Pengembunan

Mengembunkan burung pada ketika fajar sebelum Matahari terbit sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung.

Dihabitat aslinya, ketika fajar hampir semua jenis burung akan berkicau dengan bunyi yang keras untuk menunjukkan keberadaannya.

Udara yang masih segar dan suhu yang masbodoh sangat bermanfaat untuk mengontrol tingkat birahi burung, serta menyehatkan susukan pernafasannya. Lakukan pengembunan secara rutin setiap hari mulai jam 05.00 pagi.

• Jemur

Sinar Matahari yang gres terbit sangat bermanfaat untuk burung kicau. Perubahan pro vitamin D menjadi vitamin D pada badan burung ketika melaksanakan pengembunan hingga pada ketika Matahari terbit juga berfungsi untuk menghangatkan badan burung.

Penjemuran sebaiknya dilakukan hingga jam 09.00 pagi, alasannya yakni diatas jam 09.00, sinar ultraviolet sanggup merusak keindahan bulu-bulu burung. Lakukan penjemuran secara rutin setiap hari.

• Pakan

Pada ketika Lovebird sedang mengalami over birahi (OB), sebaiknya pertolongan pakan yang berpotensi meningkatkan birahinya menyerupai kangkung, jagung manis, tauge dan biji bunga matahari (kuaci) tidak boleh dulu untuk sementara waktu, dan cukup berikan milet putih serta timun saja hingga kondisinya normal kembali.

• Koloni

Mengumbar atau memasukkan Lovebird kedalam sangkar besar (polier) bersama dengan beberapa ekor Lovebird lainnya merupakan cara yang sering dilakukan oleh para penggemar Lovebird ketika momongannya mengalami over birahi (OB).

Mengumbar Lovebird dalam sangkar umbaran bertujuan semoga Lovebird lebih leluasa bergerak dan merasa bebas. Tapi ketika Lovebird kita koloni bersama dengan beberapa ekor Lovebird lainnya harus kita awasi semoga jangan hingga Lovebird yang mengalami over birahi (OB) tersebut menyerang Lovebird lainnya. Karena biasanya Lovebird yang sedang dalam kondisi over birahi (OB) akan menjadi galak dan lebih bergairah terhadap Lovebird lainnya.

• Kawin cabut

Lovebird yang sedang over birahi (OB) juga sanggup dikawinkan dengan lawan jenisnya. Tapi kalau Lovebird tersebut yakni burung yang dipelihara untuk tujuan lomba, maka proses mengawinkannya berbeda dengan Lovebird yang ditangkarkan.

Kalau Lovebird sudah terpantau melaksanakan perkawinan, pada hari berikutnya Lovebird tersebut dipisahkan lagi dengan pasangannya semoga tidak hingga bertelur. Cara ini biasa disebut dengan istilah "kawin cabut" yang tujuannya hanya untuk membuang birahi Lovebird .

Demikian sedikit isu perihal kawin cabut cara ampuh untuk mengatasi Lovebird over birahi (OB). Untuk isu lain seputar Lovebird , sanggup dibaca pada artikel ternakburung.info yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird kawin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel