Cara Merawat Anakan/ Trotolan Cendet Yang Benar

Kicau Burung.com -Sahabat kicau, pada posting kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat anakan atau trotolan cendet yang benar agar dapat menghasilkan cendet jawara kelak ketika sudah dewasa. Karena cendet yang dirawat dan dilatih sejak masih anakan dan diloloh sendiri, jauh lebih prospek ketimbang cendet bahan hasil tangkapan hutan.

Banyak sahabat kicau yang memilih merawat anakan cendet sejak kecil dibanding membeli cendet dewasa yang sudah gacor. Alasannya selain harganya jauh lebih murah, juga akan menjadi sebuah tantangan dan kebanggan tersendiri ketika kita bisa mencetak cendet jawara dengan tangan kita sendiri.
cara merawat anakan cendet
Baca juga: Cara memilih anakan cendet jantan
Merawat trotolan cendet itu bisa dibilang susah-susah mudah. Dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan pengetahuan agar cendet yang kita rawat sejak kecil bisa menjadi jawara lomba ketika besar nanti. Adapun cara merawat merawat trotolan cendet tersebut adalah sebagai berikut:

Tips cara merawat anakan cendet yang benar

  • Perlakukan anakan cendet dengan penuh kasih sayang selayaknya anda memperlakukan sahabat atau keluarga anda sendiri.
  • Berikan makanan yang tepat, sehat, dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup, dan juga mengandung protein tinggi. Makanan anakan cendet yang baik adalah berupa jangkrik atau belalang yang masih hidup dan segar. Protein dan nutrisi yang terkandung didalam jangkrik berfungsi untuk pertumbuhan anakan cendet. Selain itu berikan pula vitamin burung untuk menjaga kesehatan burung itu sendiri. 
  • Berikan pola latihan pada anakan cendet anda agar jinak dan memiliki mental yang kuat, sehingga burung cendet akan terbiasa dengan manusia dan benda-benda disekitar. Latihan tersebut bisa dengan cara memberikan pakan jangkrik dari luar kandang, maksudnya adalah: biarkan anakan cendet anda keluar dari kandang saat pemberian pakan. Bisa dengan meletakkan anakan cendet ditangan atau meletakkannya diatas kandang. Namun dalam hal ini anda harus hati-hati, jangan sampai membuat anakan cendet takut/ kaget sehingga menyebabkan anakan cendet anda stress atau bahkan terbang.
  • Jaga kebersihan kandang, tempat minum, dan tempat pakan. Bersihkan kotoran burung setiap hari, ganti air minum, dan juga pakan, agar kondisi burung tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Hal ini juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anggota keluarga anda dari penyakit yang disebabkan oleh kotoran burung.
  • Lakukan pemasteran burung cendet sejak kecil/ trotolan, karena anakan cendet lebih mudah merekam atau mengingat suara masteran yang didengarnya. Sehingga ketika sudah dewasa nanti akan dengan baik membawakan lagu dan irama kicauan dengan baik. Pemasteran ini sebaiknya dilakukan ditempat yang tenang dan dalam keadaan burung dikerodong dalam sangkar. Jarak antara burung dengan masteran yang idal adalah 2 meter. Pemasteran bisa dengan menggunakan burung asli atau dengan menggunakan hp atau musik mp3.
  • Jangan mendekatkan anakan cendet dengan burung cendet lain yang usianya lebih dewasa, hal ini bertujuan untuk menjaga mental anakan cendet agar tidak ngedrop atau ngedown.
Itulah beberapa tips dan cara merawat anakan cendet yang benar agar kelak bisa menghasilkan burung cendet jawara yang akan menjadi kebanggan anda. Terima kasih atas kunjungan anda ke blog ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan share melalui media sosial twitter, facebook, ataupun google+.

Pencarian:

  • Cara merawat anakan endet yang benar
  • Cara merawat trotolan cendet yang benar
  • Merawat anakan cendet jawara
  • Merawat trotolan cendet lomba  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel