Lovebird Kusumo: Rahasia Cara Perawatan

Lovebird kusumo -Banyak para lovebird mania mencari tahu apa rahasia perawatan lovebird kusumo sampai bisa ngekek panjang dengan durasi tembus 3 menit. Padahal kalau dilihat dari postur dan warnanya, tidak ada yang istimewa dengan lovebird kusumo, tetapi jika dilihat dari performa saat lomba, tentu banyak orang yang tercengang dengan kemampuan lovebird kusumo tersebut. Sehingga membuat para lovebird mania penasaran dengan rahasia cara perawatan lovebird kusumo, kemudian mempraktekkan metode perawatan tersebut dirumah, agar lovebird gacoannya bisa seperti lovebird kusumo yang mampu memenangkan banyak kejuaraan tingkat nasional.
perawatan lovebird kusumo
perawatan lovebird kusumo

Menurut penuturan H.Sigit WMP selaku pemilik lovebird kusumo, beliau tidak memiliki perawatan yang special, yang pasti beliau rajin menggantang/ menjemur lovebird kusumo usai shalat subuh yaitu sekitar pukul lima pagi. Hal tersebut pasti juga sering dilakukan oleh para kicau mania, dan biasa disebut dengan terapi pengembunan

Rahasia cara perawatan lovebird kusumo


Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa rahasia perawatan lovebird kusumo salah satunya adalah dengan rajin menerapkan terapi pengembunan, yaitu burung dikeluarkan pada pagi hari setelah shalat subuh. Kemudian setelah matahari mulai terbit lovebird kusumo disemprot lalu dijemur sebentar.

Selanjutnya lovebird kusumo biasa diletakkan dilantai teras, bukan digantang diteras, ini bertujuan agar burung menjadi terbiasa dengan manusia dan lingkungan sekitar, sehingga lovebird akan menjadi lebih jinak. Pada saat diletakkan dilantai teras, sebaiknya lovebird dijaga agar tidak dimangsa oleh binatang pemangsa seperti kucing, tikus, ular, atau binatang pemangsa lainnya.

Cara mandi lovebird kusumo


Dalam hal mandi, lovebird kusumo diajarkan untuk mandi karamba, jadi tidak perlu disemprot lagi. Itulah salah satu cara mandi yang H. Sigit biasa terapkan pada lovebird kusumo, karena dengan mandi sendiri di karamba, tentu burung akan merasa lebih puas, dan hanya akan mandi jika dirasa butuh mandi. Jadi lovebird kusumo akan mandi jika memang merasa membutuhkan mandi.
cara perawatan lovebird kusumo
cara perawatan lovebird kusumo

BACA: Cara memandikan lovebird

Karakter lovebird kusumo


Lovebird kusumo bukan berasal dari lovebird istimewa yang sudah jawara, H.Sigit membeli lovebird kusumo dari sebuah pasar burung di kota klaten. Awalnya lovebird kusumo memiliki karakter nglabak dan suka ngeruji. Berkat ketelatenan dan perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya, akhirnya lovebir kusumo bisa menjadi lovebird jawara.

Meskipun liar dan suka ngelabak, tapi Om sigit sudah mengetahui prospek dari lovebird kusumo, makanya beliau memutuskan untuk membelinya. Saat sepi lovebird kusumo mau nembak panjang, tapi pas didekati orang malah nglabrak, seperti burung yang sedang over birahi.

Begitu pula saat lomba, awalnya lovebird kusumo justru sering ngeruji sangkar dan mengejar musuhnya. Sehingga meskipun sebenarnya bisa nembak panjang dan memiliki prospek yang baik, tapi lovebird kusumo waktu itu belum bisa tampil maksimal saat lomba.

Dari situlah Om Sigit memiliki cara khusus untuk mengatasinya, beliau memberikan asupan pakan yang banyak mengandung protein sampai lovebird kusumo menjadi gemuk. Setelah itu lovebird kusumo akan bertelur, tetapi ini bukan telur untuk produksi pada umumnya, karena lovebird kusumo tidak dikawinkan. Ini hanyalah telur akibat kebanyakan protein dan kegemukan, atau sering disebut dengan "telur lemu".

Sejak saat itulah karakter lovebird kusumo berubah menjadi jinak dan tidak lagi ngelabak, itu dikarenakan birahinya sudah stabil. Bahkan ketika didekati atau jari dimasukkan kedalam sangkar, lovebird kusumo akan mendekat sambil bermain-main menggigit jari pemiliknya.

Itulah sedikit ulasan tentang rahasia perawatan lovebird kusumo, dimana burung yang dibeli dari pasar bisa berubah menjadi burung lovebird jawara yang memenangkan banyak kejuaraan lovebird tingkat nasional. Semoga dengan cara perawatan lovebird kusumo tersebut, lovebird gacoan anda bisa mengikuti jejak lovebird kusumo. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel