Manfaat Bayam Untuk Lovebird: Meningkatkan Dan Memulihkan Stamina Lovebird

Kicau-burung.com -Bayam yang sering kita olah menjadi sayuran dan kita makan sebagai lauk, selain bermanfaat bagi kesehatan manusia juga bermanfaat untuk binatang peliharaan. Khusus untuk para lovebird mania, tentu sudah banyak yang tahu manfaat bayam untuk lovebird, karena bayam termasuk salah satu ekstra fooding lovebird yang banyak memiliki manfaat, khususnya untuk stamina dan kesehatan lovebird.
manfaat bayam untuk lovebird
manfaat bayam untuk lovebird
Untuk masyarakat perkotaan, akan dengan sangat mudah mendapatkan sayuran bayam dengan membelinya dipasar sayur atau tukang sayur keliling langganan. Sedangkan untuk masyarakat pedesaan seperti saya, akan lebih mudah lagi dalam memperoleh bayam, karena selain dengan membeli dipasar dan tukang sayur keliling, saya juga dapat memetik dari kebun dan halaman rumah yang memang ditumbuhi tanaman bayam liar.

Awalnya saya tidak tahu jika bayam bisa dijadikan ekstra fooding lovebird, sehingga jika sudah bosan dengan sayur bayam, maka bayam hanya akan tumbuh subur karena jarang dipetik. Tapi sekarang setelah saya tahu manfaat bayam untuk lovebird, saya jadi sering memetik sayuran bayam untuk diberikan pada lovebird kesayangan saya.
Baca juga: Manfaat daun krokot untuk lovebird

Manfaat bayam untuk lovebird


Bayam yang identik dengan tokoh kartun POPEYE tersebut memang memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi manusia dan burung lovebird. Adapun manfaat bayam untuk lovebird antara lain adalah:
manfaat bayam
manfaat bayam


1. Manfaat bayam untuk menjaga stamina lovebird

Lovebird yang sering diberi ekstra fooding bayam akan memiliki stamina yang lebih oke jika dibandingkan dengan lovebird yang tidak pernah diberi bayam. Karena kandungan zat besi dan asam folat yang terkandung dalam bayam dipercaya mampu menambah stamina lovebird, sehingga burung lovebird tidak akan mudah loyo saat lomba.
BACA JUGA: Manfaat kangkung untuk lovebird

2. Manfaat bayam untuk memulihkan stamina lovebird

Bayam bukan hanya baik bagi ibu hamil sebagai pelawan rasa lelah, tetapi jika diberikan pada lovebird, akan bermanfaat sebagai pemulih stamina burung setelah lomba. Jadi saat burung usai dilombakan, akan sangat baik jika diberi ekstra fooding bayam. Sebab lovebird lomba biasanya akan menguras banyak energi saat lomba, dengan pemberian ekstra fooding bayam, maka energi dan stamina lovebird akan mudah pulih kembali. Cara tersebut juga telah diterapkan oleh Om Sigit WMP, yaitu dengan memberikan bayam kepada lovebird kusumo setelah mengikuti lomba.

3. Manfaat bayam untuk melancarkan pencernaan lovebird

Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga baik untuk pencernaan dan sistem metabolisme lovebird. Jika pencernaan lovebird lancar dan selalu dalam kondisi sehat, maka performa lovebird saat lomba pun tentu akan menjadi lebih maksimal,

4. Manfaat bayam untuk meningkatkan memori otak lovebird

Burung lovebird yang diberi ekstra fooding bayam akan memiliki kecerdasan dan kemampuan mengingat yang lebih baik. Itulah sebabnya lovebird yang diberi bayam akan lebih cerdas dan lebih mudah dalam hal mengingat serta menirukan suara masteran yang diberikan.

5. Manfaat bayam untuk nutrisi tulang sendi

Menurut penelitian para ahli, bayam memiliki kandungan kalsium dan magnesium tinggi, sehingga bermanfaat bagi tulang sendi lovebird. Sehingga untuk burung lomba sangat disarankan untuk diberi bayam agar tidak mudah capek berdiri nagen saat lomba.

6. Manfaat bayam untuk meningkatkan penglihatan

Vitamin A dan Lutein yang terdapat dalam bayam akan sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan mata lovebird. Karena vitamin A dan Lutein tersebut sebagai nutrisi organ mata lovebird, sehingga dapat meningkatkan penglihatan, dan mencegah terkena penyakit katarak.

7. Manfaat bayam untuk mengatasi stress dan menambah nafsu makan lovebird

Dari sekian banyak manfaat bayam, manfaat lain yang tak kalah pentingnya adalah untuk lovebird yang kurang nafsu makan akibat stress. Pemberian bayam pada burung yang stress dan kurang nafsu makan diyakini mampu mengurangi tingkat stress sehingga burung bisa kembali memiliki nafsu makan yang tinggi. Sebab burung stress dan tidak mau makan biasanya akan membuat lovebird menjadi sakit dan mengalami penurunan berat badan alias nyilet.

Demikianlah 7 manfaat bayam untuk lovebird yang dapat saya ulas pada kesempatan kali ini. Pemberian ekstra fooding untuk lovebird sebaiknya dilakukan secara bervariasi, jadi bukan hanya menggunakan kangkung dan jagung muda saja. Anda dapat mencoba sayuran bayam sebagai tambahan ekstra fooding lovebird kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel