Manfaat Daun Kemangi Untuk Lovebird: Menurunkan Birahi Lovebird

Manfaat daun kemangi -Daun kemangi selain enak untuk dijadikan lalapan yang disandingkan dengan sambal dan ikan goreng atau ayam goreng dan lainnya, ternyata juga bermanfaat untuk burung kicauan. Salah satu manfaat daun kemangi untuk lovebird adalah ampuh untuk menurunkan birahi lovebird.
manfaat daun kemangi untuk lovebird
manfaat daun kemangi untuk lovebird
Saya termasuk orang yang kurang suka makan atau lalap dengan menggunakan daun kemangi. Itulah sebabnya kenapa daun kemangi yang tumbuh disekitar pekarangan rumah saya tumbuh subur karena jarang dipetik. Entah kenapa saya justru kurang suka dengan daun kemangi, padahal kebanyakan orang sangat suka lalap dengan menggunakan daun kemangi, terutama orang sunda, karena hampir kebanyakan restoran sunda pasti menyediakan lalapan daun kemangi.

Daun kemangi yang tumbuh subur dipekarangan rumah saya hanya beberapa kali saja saya petik, bukan untuk dijadikan lalapan, melainkan untuk ekstra fooding lovebird, sebab setahu saya khasiat daun kemangi untuk birahi lovebird adalah untuk menurunkan birahi lovebird. Jadi ketika lovebird kesayangan saya tampak over birahi, segera saya beri daun kemangi agar birahinya kembali normal.

Manfaat dan khasiat daun kemangi untuk lovebird


Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa manfaat daun kemangi adalah sangat ampuh untuk menurunkan birahi lovebird. Lovebird dapat mengalami over birahi biasanya dikarenakan pemberian pakan EF yang terlalu berlebihan. Pakan EF yang dapat membuat lovebird over birahi diantaranya adalah kangkung dan jagung muda. Oleh sebab itu jika lovebird anda mengalami over birahi, solusi yang paling tepat adalah dengan cara mengurangi pemberian EF berupa kangkung dan jagung muda, lalu diganti dengan memberikan daun kemangi.
khasiat daun kemangi untuk lovebird
Gambar daun kemangi

Cara menurunkan birahi lovebird dengan daun kemangi


Ada dua macam cara menurunkan birahi lovebird dengan menggunakan daun kemangi. Cara yang pertama adalah dengan memberikan langsung daun kemangi yang masih segar pada lovebird. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan memberikan air rebusan daun kemangi pada lovebird.

Penjelasan cara pertama

  1. Petik daun kemangi yang masih segar, kemudian cuci dengan air bersih.
  2. Berikan daun kemangi tersebut secara langsung pada lovebird anda, bisa digantung dijeruji sangkar atau dicacah kecil-kecil dan dimasukkan kedalam wadah pakan.
Jika lovebird anda tidak mau memakan daun kemangi tersebut, anda bisa membuat lovebird merasa lapar terlebih dahulu. Caranya adalah: Saat pagi hari, yaitu saat burung dikeluarkan dari dalam rumah, ambil cepuk wadah pakan dan EF dari dalam sangkar. Biarkan lovebird merasa lapar, setelah itu anda bisa memberikan daun kemangi dengan cara digantung dijeruji sangkar atau dicacah kecil-kecil. Jika lovebird sudah merasa sangat lapar, kemungkinan besar ia akan mau makan apa saja yang bisa dimakan, termasuk daun kemangi tersebut.

Penjelasan cara kedua

  1. Petik beberapa lembar daun kemangi yang masih segar
  2. Cuci dengan air bersih, kemudian rebus dengan air secukupnya
  3. Jika air sudah mendidih, segera angkat dan biarkan sampai dingin
  4. Berikan air rebusan daun kemangi yang sudah dingin tersebut pada lovebird sebagai pengganti air minum burung
Saat memberikan air rebusan daun kemangi sebaiknya anda jangan memberikan air putih lagi sebagai minuman lovebird. Karena jika didalam sangkar terdapat dua macam air minuman, yaitu air putih dan air rebusan daun kemangi, kemungkinan besar lovebird akan memilih air putih untuk diminum, sedangkan air rebusan daun kemangi tidak akan diminum oleh lovebird.

Berikan daun kemangi tersebut pada lovebird sampai kondisi birahi lovebird kembali normal. Jika dirasa lovebird sudah tidak over birahi lagi, segera hentikan pemberian daun kemangi pada lovebird. Berikan kembali ekstra fooding berupa jagung muda dan kangkung secukupnya, jangan terlalu berlebihan, karena pemberian jagung muda dan kangkung secara berlebihan dapat memicu naiknya birahi lovebird.
BACA JUGA: Manfaat kangkung untuk lovebird
Saat birahi lovebird sudah stabil kembali, anda bisa kembali menggantang atau mengikutsertakan lovebird pada lomba, baik itu kelas latber atau latpres sebagai pemanasan sebelum lovebird diturunkan pada event yang lebih besar lagi.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat daun kemangi untuk lovebird, dimana daun kemangi terbukti ampuh untuk menurunkan birahi lovebird. Selamat mencoba dan salam lovebird mania.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel