Rawatan lanjutan Anis Kembang dan Murai Batu

KICAU BURUNG : Om, saya boleh minta saran ga terhadap momongan saya.Soalnya dah pusink…Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store


Dirawat maks (menrt versi saya) tp ttp ga mau maksimal hasilnya…

1.Anis kembang

AK pertama usianya dah tua, eks burung lapangan.

Tahun lalu saya ambil dari cianjur..

Berdasarkan informasi dari perawat yg pertama kl Efnya cukup cacing 1/1

Sekarang kondisinya baru kelar mabung sekitar 1 bulan lalu…

Kondisi sekarang hanya ngeriwik kasar n sesekali ngeplong…

Pertama saya ambil burungnya n saya turunkan dia hanya ngeplong2 n besoknya langsung mabung.

Namun mabungnya berhenti di tengah (setelah ekor ganti total) n sayap n bulu halus banyak yg blom turun.

Nah setelah mabung yg jelek itu burung ga pernah mau ngerol di rumah..

Dibawa ke tpt temen ato pinggir lapangan baru mau ngerol.

Pernah sekali saya turunkan namun hanya ngerol pendek2 terus naik turun dari tangkringan (saat itu ef masih ttp cacing 1/1)

2 bulan lalu dia mabung lagi n bagus…(semua bulu yg blom turun udah ganti semua)

N ampe sekarang sejak kelar mabung 1 bulan lalu tuh burung blom ngerol…

Kondisi di rumah per senin lalu cewean saya ungsikan ke rumah perawat…

Pola jemur : jam 4 buka kerodong, trus jemur ampe jam 9, mandi n gantang tpt teduh n jam 11 kerodong ampe malam

EF : cacing 1/1, sejak senin lalu saya coba berikan kroto (senin, rabu, jumat)

Mandi : pagi aja

Buah : apel tiap hari

Voor : CP clasic 1 sdm tiap pagi

Kondisi ak nya kl saya liat sering naik turun tangkringan kl di rumah ato liat org..

Mohon saran dan masukkannya om biar ak saya bisa ngerol nancep n moncer di lap..

2.Anis kembang 2

AK kedua usianya baru kelar mabung 1, jadi sekitar 1 tahun.

Kondisi sama, di rumah hanya ngeriwik kasar n ngeplong seseklai.

Dapat dari penangkar n jenis kelamin bisa saya jamin jantan.

Pola jemur sama kayak AK 1

EF : jangkrik 2/2, cacing 2/2

Mandi : pagi

Buah :apel

Voor : cp calasic 1sdm

Mohon sarannya jg om duto..

3.MB

Nah ini mb lebih bikin pusink lagi hehe…

Mb dari NAD, baru kelar mabung pertama dari trotol..

Yg bikin pusink neh mb ga pernah mau bunyi di rumah..

Jadi makan minum tok….hehe…

Pernah saya trek di rmh tmn, mb nya mau kerja fight lawan 2 mb lebih tua 2 jam lebih…

Tp power n suara blom lepas..

Tp mental ok…


EF : pagi kroto, jangkrik 5/3, cacing 1ekor/mgg (pernah saya kasih jangkrik ampe 15 tapi ttp aja dia bisu di rumah)

Mandi : pagi

Jemur : ampe jam 11 trus kerodong ampe malam, jam 8 baru kasih 3 jangkrik

Knp ya om duto mb saya ga pernah mau bunyi di rumah…

Ada yg salah dgn rawatan saya ??

4.kenari

kenari kuning, suara bisa ampe 4-5 oktaf…

pengen saya bawa lomba om…

mohon saran rawatan menjelang lomba..

rawatan harian :

EF : kroto senin, rabu, jumat

Makanan : 1 sdt biji2an tiap hari

Buah : apel tiap hari


 
Jemur ampe jam 11 tiap hari trus kerodong ampe malam.

Mohon saran biar kenari saya bisa moncer om..

Mohon maaf kl kebanyakan nanyanya om…

Thanks

Ron (pertanyaan melalui PM di www.kicaumania.or.id)

Jawab:

Untuk AK2-nya nggak ada masalah sepertinya. Cuma kalau untuk yang muda, jangan didekatkan dengan yang tua.

Saya lihat kok tidak disebutkan soal EF kroto ya? Coba jangan pelit2 kroto untuk AK. Kroto, sementara ini menurut pengalaman saya, adalah EF kunci utama untuk AK.

Untuk MB-nya, trotolan dari hutan memang cenderung lambat bunyi. Beda dengan MB tangkaran. Trotolan tangkaran sudah ngeciwis sejak bayi. Punya saya misalnya, usia 7 bulan sudah bisa ditrek. Cihuiiii.

Jadi, memang hanya perlu bersabar dan tempel saja dengan suara isian (asli burung ataupun CD/kaset).

Untuk kenari, rawatan sudah betul hanya soal kerodongnya cukup sore sampai pagi. Biasakan dia bunyi di rumah agar ketika ditrek nggak terlambat bunyi atau malah cuma mau ngejar2 kenari lainnya.

Kroto untuk kenari jumlahnya seberapa? Jangan banyak2. Bisa dikasih rutin setiap hari tetapi cukup 10-15 butir.

Sementara itu dulu Om sambil ditunggu perkembangannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel